Jumat, 24 Februari 2012

contoh rpp kls 3


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : ............................
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / II
Standar Kompetensi     : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.                                        
Kompetensi Dasar       : 5.3.Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas
                                         benua dan samudra.
Alokasi                        : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menunjukkan letak/posisi benua-benua dan samudera-samudera di muka bumi pada peta.
2.      Menjelaskan batas-batas wilayah geografis tiap-tiap benua dengan bantuan peta dunia.
3.      Menyebutkan sedikitnya 4 karakteristik tiap-tiap benua di muka bumi.
4.      Menyebutkan sedikitnya 3 karakteristik tiap-tiap samudera di muka bumi.
5.      Menjelaskan pembagian kawasan benua-benua di muka bumi selain benua Ausralia dan Antartika.
6.      Menyebutkan sedikitnya 2 contoh negara-negara di tiap-tiap kawasan benua.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran:
1.      Letak/posisi benua-benua dan samudera
a.       Letak astronomis
b.      Letak geografis
2.      Batas wilayah benua-benua dan samudera
3.      Karakteristik benua-benua
4.      Karakteristik samudera-samudera
5.      Pembagian kawasan benua-benua
6.      Contoh negara-negara di berbagai kawasan benua

C. Metode Pengajaran:
1.                              Ceramah
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Pertemuan I               
a. Pendahuluan            :
- Apersepsi: -    guru memberikan pengantar bahwa bumi dibagi ke dalam beberapa bagian: daratan, perairan, dan udara; dilengkapi dengan contoh-contohnya.
-  berapa jumlah benua dan samudera di bumi ?

- Motivasi: -  setiap bagian bumi memiliki fungsi bagi kehidupan manusia (dilanjutkan dengan tanya jawab sekilas tentang fungsi tersebut)
-  guru memberikan pengantar bahwa tiap benua dan
                             samudera memiliki ciri khasnya masing-masing
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membagi siswa ke dalam 8 kelompok.
F  Setiap kelompok membuka/menyiapkan atlas dunia dan buku sumber (atlas dan buku sumber bisa disiapkan oleh guru)
F  Setiap kelompok mengkaji atlas dan buku sumber dengan bantuan Lembar Kerja untuk memperoleh kompetensi mengenai posisi-posisi benua-benua dan samudera, dan batas-batas wilayah geografis setiap benua dan samudera (Lembar Kerja terlampir)
F  Siswa meminta dua kelompok secara bergantian untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya di hadapan kelompok-kelompok lain. Kelompok lain memberikan tanggapan.
F  Kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa (Kelompok Kooperatif)
F  Guru membagi tugas, dimana setiap siswa dalam kelompok memperoleh tugas yang saling berbeda. Pembagian tugas sebagai berikut:
Ø  Siswa pertama: mengidentifikasi karakteristik Benua Asia dan                                   Eropa
Ø  Siswa kedua : mengidentifikasi karakteristik Benua Afrika                                               dan Amerika
Ø  Siswa ketiga :mengidentifikasi karakteristik Benua                                              Australia, Samudera Pasifik, dan Hindia
Ø  Siswa keempat : mengidentifikasi karakteristik Samudera                                              Pasifik dan Atlantik
F  Siswa-siswa di berbagai kelompok yang memperoleh tugas yanag sama berhimpun menjadi satu (Kelompok Ahli)
F  Kelompok ahli melakukan kajian buku sumber untuk memperdalam bidang tugasnya masing-masing.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F  Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa tugas disuksi belum selesai, dan akan dilanjutkan pada pertemuan yang akan datang
F  melakukan penilaian

2.   Pertemuan II.
a. Pendahuluan            :
- apersepsi    : guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini akan melanjutkan diskusi pada minggu yang lalu (karena belum selesai)
                    : Bagaimanakah urutan benua-benua di bumi mulai dari
                        yang terbesar ?
- Motivasi  : Mengingat ukuran benua sangat besar, maka diperlukan
                      pengelompokan-pengelompokan wilayah di setiap  benua.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Setelah menyelesaikan diskusinya di kelompok ahli, semua siswa kembali ke kelompok kooperatif.
F  Di kelompok kooperatif siswa menyampaikan hasil kerjanya di kelompok ahli kepada teman-teman yang tergabung pada kelompok kooperatif. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian.
1.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
2.      Melalui bantuan lembar kerja, setiap kelompok melakukan pembagian kawasan di setiap benua dan dilengkapi contoh negara-negara di dalamnya. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan buku-buku sumber dan atlas dunia. Adapun pembagian tugasnnya sebagai berikut:
F  Kelompok I dan V         : Benua Asia
F  Kelompok II dan VI      : benua Afrika
F  Kelompok III dan VII    : Benua Eropa
F  Kelompok IV dan VIII  : benua Amerika
F  Guru meminta 4 kelompok yang meakilai Asia, Eropa., Afrika, dan Amerika untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain memberikan tanggapan.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
1.                                                                  Buku IPS kelas IX,
2.                                                                  Atlas Dunia
3.                                                                  Peta Dunia/Peta Eropa/Peta Asia/Peta Afrika/Peta Amerika
4.                                                                  Buku pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi

F. Penilaian Hasil Belajar                             
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan proses pembentukan benua.

Ü  Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan  informasi tentang posisi benua-benua dan samudera.

Ü  Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua.

Ü  Memberi contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua.

Ü  Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera.


·   Tes ter
·   tulis
·    
·    
·   Tes unjuk kerja
·    
·   Tes tulis
·    
·    
·    

·    
·    
·    
·   Tes tulis.
·    
·    
·   Tes  unjukkerja
·    
·   Tes Uraian
·    
·    
·    
·   Tes identifikasi
·    
·   Pilihan ganda
·    




·    
·   Tes Uraian.


·   Tes petik kerja produk
·    
·   Sebutkan bukti-bukti bahwa antara benua Afrika dan benua Amerika pernah menyatu!

·   Tunjukkan lima benua di dunia pada peta !

·   Ciri-ciri bentang alam Asia Selatan antara lain ....
a. daerah Pegunungan Tinggi
b.daerah gurun yang luas
c. didominasi dataran rendah
d.lembah sungai dan dataran rendah
§  
§ Sebutkan masing-masing dua jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di Samudera Arktik !
§  
§ Buatlah peta persebaran benua dan samudera di dunia pada kertas HVS.

                       

Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................



contoh rpp kls 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nomor: 3


Nama Sekolah          :
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester      : VIII / 2
Standar Kompetensi                 : 6.   Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar   : 6.1 mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Alokasi Waktu         : 6 X 40 menit (3x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Memahami arti hubungan sosial
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial disosiatif

v  Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Ajar
Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  c. bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  c. Bentuk hubungan sosial disosiatif

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Ü  Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Bentuk hubungan sosial disosiatif

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
• Apakah kalian pernah marah kepada adik atau kakakmu dan kalian saling diam tak
   bertegur sapa?
• .Apa yang kalian rasakan?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu kelas untuk membentuk kelompok.
F  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 orang dan mendiskusikan tentang:
Ø  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ø  kerja sama
Ø  akomodasi
Ø  asimilasi
Ø  bentuk hubungan sosial disosiatif
Ø  persaingan
Ø  kontroversi
Ø  konflik


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar yang sesuai materi.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial.

Ü Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Ü Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial.

Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis
Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian
Ü Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial!

Ü Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Ü Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial!

                                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah





Garut,      Juli     
Guru Mapel  IPS,