RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nomor: 3
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.1 mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü Memahami arti hubungan sosial
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial disosiatif
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Ajar
Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü c. bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü c. Bentuk hubungan sosial disosiatif
C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Ü Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü Bentuk hubungan sosial disosiatif
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
• Apakah kalian pernah marah kepada adik atau kakakmu dan kalian saling diam tak
bertegur sapa?
• .Apa yang kalian rasakan?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memandu kelas untuk membentuk kelompok.
F Tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 orang dan mendiskusikan tentang:
Ø bentuk hubungan sosial asosiatif
Ø kerja sama
Ø akomodasi
Ø asimilasi
Ø bentuk hubungan sosial disosiatif
Ø persaingan
Ø kontroversi
Ø konflik
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar yang sesuai materi.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial. Ü Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Ü Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Ü Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial! Ü Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Ü Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial! |
Mengetahui, Kepala Sekolah | | Garut, Juli Guru Mapel IPS, |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar