Jumat, 24 Februari 2012

contoh rpp kls 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nomor: 3


Nama Sekolah          :
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester      : VIII / 2
Standar Kompetensi                 : 6.   Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar   : 6.1 mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Alokasi Waktu         : 6 X 40 menit (3x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Memahami arti hubungan sosial
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial disosiatif

v  Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Ajar
Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  c. bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  c. Bentuk hubungan sosial disosiatif

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Ü  Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Bentuk hubungan sosial disosiatif

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
• Apakah kalian pernah marah kepada adik atau kakakmu dan kalian saling diam tak
   bertegur sapa?
• .Apa yang kalian rasakan?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu kelas untuk membentuk kelompok.
F  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 orang dan mendiskusikan tentang:
Ø  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ø  kerja sama
Ø  akomodasi
Ø  asimilasi
Ø  bentuk hubungan sosial disosiatif
Ø  persaingan
Ø  kontroversi
Ø  konflik


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar yang sesuai materi.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial.

Ü Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Ü Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial.

Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis
Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian
Ü Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial!

Ü Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Ü Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial!

                                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah





Garut,      Juli     
Guru Mapel  IPS,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar