1. KRITERIA PEMILIHAN MATERI PELAJARAN
A. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar
B. Identifikasi jenis-jenis materi pembelajaran.
C. Memilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar
2. Komponen RPP menurut Permen 41 th 2007:
identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, alokasi waktu, Metode, KBM, Penilaian, Sumber belajaran
3. Prinsip RPP:
· Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
· Mendorong partisipasi aktif peserta didik
· Mengembangkan budaya membaca dan menulis
· Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
· Keterkaitan dan keterpaduan
· Menerapkan TIK
4. Sistematika PTK:
· Judul penelitian
· Kajian pustaka
· Pendahuluan
· Perumusan dan pemecahan masalah
· Kajian pustaka
· Rencana dan prosedur penelitian
· Jadwal penelitian
· Biaya penelitian
· Personalia penelitian
5. Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai
Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
1. Kompleksitas : - Tinggi = 1
- Sedang = 2
- Rendah = 3
2. Daya dukung : - Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Rendah = 1
3. Intake - Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Rendah = 1
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à nilainya adalah:
(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89
9
6. Prosedur Penilaian:
- Kajian materi
- Pemilihan teknik
- Perumusan kisi-kisi
- Pembuatan butir soal
- Review
- Perbaikan
- Uji coba/penggandaan
- Diujikan (diteskan)
- Pemberian skor
- Pemutusan
7. Ciri Pembelajaran kooperatif:
- Untuk menuntaskan materi, siswa belajar dalam kelompok secara bekerja sama
- Kelompok terdiri dari kemapuan tinggi, sedang, rendah
- Di dalam kelompok diupayakan ada keheterogenan
- Penghargaan kepada kelompk lebih utama
8. Tujuan pembelajaran kooperatif:
- Meningkatkan kinerja siswa dalam bidang akademik
- Penerimaan terhadap keragaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar