Jumat, 24 Februari 2012

RINGKASAN MATERI SERTIFIKASI


1.        KRITERIA PEMILIHAN MATERI PELAJARAN
A.        Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar
B.        Identifikasi jenis-jenis materi pembelajaran.
C.        Memilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar
2.        Komponen RPP menurut Permen 41 th 2007:
identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, alokasi waktu, Metode, KBM, Penilaian, Sumber belajaran
3.        Prinsip RPP:
·       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
·       Mendorong partisipasi aktif peserta didik
·       Mengembangkan budaya membaca dan menulis
·       Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
·       Keterkaitan dan keterpaduan
·       Menerapkan TIK
4.        Sistematika PTK:
·       Judul penelitian
·       Kajian pustaka
·       Pendahuluan
·       Perumusan dan pemecahan masalah
·       Kajian  pustaka
·       Rencana dan prosedur penelitian
·       Jadwal penelitian
·       Biaya penelitian
·       Personalia penelitian

5.        Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai
Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
          1. Kompleksitas            :                       - Tinggi = 1
                                                                                  - Sedang = 2
                                                                                  - Rendah = 3
          2. Daya dukung             :                       - Tinggi = 3
                                                                                  - Sedang = 2
                                                                                  - Rendah = 1
          3. Intake                                                    - Tinggi = 3
                                                                                  - Sedang = 2
                                                                                  - Rendah = 1
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à nilainya adalah:
(3 + 3 + 2) x 100 = 88.89
          9
6.        Prosedur Penilaian:
-           Kajian materi
-           Pemilihan teknik
-           Perumusan kisi-kisi
-           Pembuatan butir soal
-           Review
-           Perbaikan
-           Uji coba/penggandaan
-           Diujikan (diteskan)
-           Pemberian skor
-           Pemutusan
7.        Ciri Pembelajaran kooperatif:
-           Untuk menuntaskan materi, siswa belajar dalam kelompok secara bekerja sama
-           Kelompok terdiri dari kemapuan tinggi, sedang, rendah
-           Di dalam kelompok diupayakan ada keheterogenan
-           Penghargaan kepada kelompk lebih utama
8.        Tujuan pembelajaran kooperatif:
-           Meningkatkan kinerja siswa dalam bidang akademik
-           Penerimaan terhadap keragaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar