Jumat, 24 Februari 2012

contoh rpp kls 3


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : ............................
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : IX / II
Standar Kompetensi     : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.                                        
Kompetensi Dasar       : 5.3.Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas
                                         benua dan samudra.
Alokasi                        : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran        :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menunjukkan letak/posisi benua-benua dan samudera-samudera di muka bumi pada peta.
2.      Menjelaskan batas-batas wilayah geografis tiap-tiap benua dengan bantuan peta dunia.
3.      Menyebutkan sedikitnya 4 karakteristik tiap-tiap benua di muka bumi.
4.      Menyebutkan sedikitnya 3 karakteristik tiap-tiap samudera di muka bumi.
5.      Menjelaskan pembagian kawasan benua-benua di muka bumi selain benua Ausralia dan Antartika.
6.      Menyebutkan sedikitnya 2 contoh negara-negara di tiap-tiap kawasan benua.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran:
1.      Letak/posisi benua-benua dan samudera
a.       Letak astronomis
b.      Letak geografis
2.      Batas wilayah benua-benua dan samudera
3.      Karakteristik benua-benua
4.      Karakteristik samudera-samudera
5.      Pembagian kawasan benua-benua
6.      Contoh negara-negara di berbagai kawasan benua

C. Metode Pengajaran:
1.                              Ceramah
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Pertemuan I               
a. Pendahuluan            :
- Apersepsi: -    guru memberikan pengantar bahwa bumi dibagi ke dalam beberapa bagian: daratan, perairan, dan udara; dilengkapi dengan contoh-contohnya.
-  berapa jumlah benua dan samudera di bumi ?

- Motivasi: -  setiap bagian bumi memiliki fungsi bagi kehidupan manusia (dilanjutkan dengan tanya jawab sekilas tentang fungsi tersebut)
-  guru memberikan pengantar bahwa tiap benua dan
                             samudera memiliki ciri khasnya masing-masing
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membagi siswa ke dalam 8 kelompok.
F  Setiap kelompok membuka/menyiapkan atlas dunia dan buku sumber (atlas dan buku sumber bisa disiapkan oleh guru)
F  Setiap kelompok mengkaji atlas dan buku sumber dengan bantuan Lembar Kerja untuk memperoleh kompetensi mengenai posisi-posisi benua-benua dan samudera, dan batas-batas wilayah geografis setiap benua dan samudera (Lembar Kerja terlampir)
F  Siswa meminta dua kelompok secara bergantian untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya di hadapan kelompok-kelompok lain. Kelompok lain memberikan tanggapan.
F  Kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa (Kelompok Kooperatif)
F  Guru membagi tugas, dimana setiap siswa dalam kelompok memperoleh tugas yang saling berbeda. Pembagian tugas sebagai berikut:
Ø  Siswa pertama: mengidentifikasi karakteristik Benua Asia dan                                   Eropa
Ø  Siswa kedua : mengidentifikasi karakteristik Benua Afrika                                               dan Amerika
Ø  Siswa ketiga :mengidentifikasi karakteristik Benua                                              Australia, Samudera Pasifik, dan Hindia
Ø  Siswa keempat : mengidentifikasi karakteristik Samudera                                              Pasifik dan Atlantik
F  Siswa-siswa di berbagai kelompok yang memperoleh tugas yanag sama berhimpun menjadi satu (Kelompok Ahli)
F  Kelompok ahli melakukan kajian buku sumber untuk memperdalam bidang tugasnya masing-masing.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
F  Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa tugas disuksi belum selesai, dan akan dilanjutkan pada pertemuan yang akan datang
F  melakukan penilaian

2.   Pertemuan II.
a. Pendahuluan            :
- apersepsi    : guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini akan melanjutkan diskusi pada minggu yang lalu (karena belum selesai)
                    : Bagaimanakah urutan benua-benua di bumi mulai dari
                        yang terbesar ?
- Motivasi  : Mengingat ukuran benua sangat besar, maka diperlukan
                      pengelompokan-pengelompokan wilayah di setiap  benua.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  dengan tanya jawab menyebutkan contoh-contoh terjadinya perubahan sosial.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Setelah menyelesaikan diskusinya di kelompok ahli, semua siswa kembali ke kelompok kooperatif.
F  Di kelompok kooperatif siswa menyampaikan hasil kerjanya di kelompok ahli kepada teman-teman yang tergabung pada kelompok kooperatif. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian.
1.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
2.      Melalui bantuan lembar kerja, setiap kelompok melakukan pembagian kawasan di setiap benua dan dilengkapi contoh negara-negara di dalamnya. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan buku-buku sumber dan atlas dunia. Adapun pembagian tugasnnya sebagai berikut:
F  Kelompok I dan V         : Benua Asia
F  Kelompok II dan VI      : benua Afrika
F  Kelompok III dan VII    : Benua Eropa
F  Kelompok IV dan VIII  : benua Amerika
F  Guru meminta 4 kelompok yang meakilai Asia, Eropa., Afrika, dan Amerika untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain memberikan tanggapan.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
1.                                                                  Buku IPS kelas IX,
2.                                                                  Atlas Dunia
3.                                                                  Peta Dunia/Peta Eropa/Peta Asia/Peta Afrika/Peta Amerika
4.                                                                  Buku pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi

F. Penilaian Hasil Belajar                             
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan proses pembentukan benua.

Ü  Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan  informasi tentang posisi benua-benua dan samudera.

Ü  Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua.

Ü  Memberi contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua.

Ü  Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera.


·   Tes ter
·   tulis
·    
·    
·   Tes unjuk kerja
·    
·   Tes tulis
·    
·    
·    

·    
·    
·    
·   Tes tulis.
·    
·    
·   Tes  unjukkerja
·    
·   Tes Uraian
·    
·    
·    
·   Tes identifikasi
·    
·   Pilihan ganda
·    




·    
·   Tes Uraian.


·   Tes petik kerja produk
·    
·   Sebutkan bukti-bukti bahwa antara benua Afrika dan benua Amerika pernah menyatu!

·   Tunjukkan lima benua di dunia pada peta !

·   Ciri-ciri bentang alam Asia Selatan antara lain ....
a. daerah Pegunungan Tinggi
b.daerah gurun yang luas
c. didominasi dataran rendah
d.lembah sungai dan dataran rendah
§  
§ Sebutkan masing-masing dua jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di Samudera Arktik !
§  
§ Buatlah peta persebaran benua dan samudera di dunia pada kertas HVS.

                       

Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar